BLOGNYA ORANG GAPTEK

Selasa, 09 Agustus 2011

Operasi Sisa Hitung dengan notepad

Hari ini saya akan mengajak pengunjung setia blog saya untuk bermain-main dengan angka-angka. Tak lain lagi kita akan mengguanakan aplikasi notepad dan sedikit script.

Tahukan maksud saya sisa hitung alias mod (istilah sisa bagi dalam pemprograman)? Mod atau sisa bagi adalah sisa pembagian yang tidak dapat dibagi lagi dengan pembaginya, jika dibagi lagi dengan pembaginya akan menghasilkan hasil bilangan koma. Okeh, saya kasih contonya saja seperti 3:2=1,5 maka sisa dalam pembagian tersebut adalah 1 karena sisa dibagi dengan bilangan pembaginya yaitu 2 maka hasilnya 0,5.

Saya kasih contohnya nih script pengoperasian bilangan di atas
1. buka notepad
2. tulis atau copas script dibawah ini

@echo off
title Mencari Hasil dan Sisa Hasil
mode 35,30
:awal
set dua=2
set /p satu=Masukkan Angka ^:
if %satu%==0 goto nol
Set /a hasil1=%satu%/%dua%
set /a hasil2=%hasil1%*%dua%
set /a hasil3=%hasil2%-%satu%
echo.
echo Hasil=%hasil1% (sisa=%hasil3%)
echo.
goto awal

3. save dengan nama berekstensi .bat Contoh:hitung.bat

Script diatas cuma dapat membagi bilangan dengan angka 2. Bagi kamu yang ingin berkreasi lagi silakan mengutak-atik sript yang saya berikan

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar