BLOGNYA ORANG GAPTEK

Sabtu, 06 Agustus 2011

Perbedaan Copy dengan Xcopy pada Cmd/Batch

Materi hari ini adalah mengenal perbedaan antara fungsi copy dengan xcopy pada command prompt (kayak guru aja, pakek menerangkan segala :D ). Saya aslinya juga bingung apa perbedaan copy dengan xcopy, kan intinya sama-sama mengopy. Tetapi pas saya menjalankan perintah tersebut di batch saya baru tahu apa perbedaannya tersebut.

Singkatnya perbedaan antara copy dengan xcopy hanya dalam konfirmasi perintah untuk melanjutkan pengkopian apa tidak. Aduh.. gimana yah menjelaskannya. Baiklah saya akan jelaskan perbedaan satu persatu dari perintah tersebut.

* Copy
Kalau copy sudah kelihatan apa fingsinya ya. Yaitu melakukan pengkopian file. tetapi sedikit berbeda, bedanya yaitu terletak pada proses pengkopian. Pada saat kamu menggunakan perintah copy, apabila ada file dengan nama yang sama maka secara otomatis dia akan overwrite tanpa konvirmasi. Jadi menurut saya copy ini hanya buang-buang tenaga saja, ngapain file yang sudah ada di-copy lagi. Tanpa konvirmasi lagi, lancang amat tuh copy (waduh kenapa gwe ngomel sendiri yah).
Tetapi beda dengan perintah xcopy yang satu ini, dia lebih sopan dalam mengerjakan perintah. Kita lihat nyok penjelasannya.

* Xcopy
Yang satu ini mempunyai funsi yang sama dengan copy. bedanya hanya pada saat pengkopian terdapat file yang sama, dia memberikan kovirmasi apakah kamu ingin overwrite atau tidak. jadi gak buang buang waktu ya pas melakukan pengkopian. Tapi menurutku sih terlalu lama dalam melakukan pemprosesan karena masih ada konvirmasi segala.

jadi terserah kamu ingin menggunakan yang mana
Nih saya kasih contoh biar jelas, jgn lupa pakek notepad trus simpan dengan ekstensi batch ya

@echo off
cls
echo >>pic.jpg
copy pic.jpg pic1.jpg
pause
xcopy pic.jpg pic1.jpg
pause


Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar