BLOGNYA ORANG GAPTEK

Jumat, 05 Agustus 2011

Cls dengan Echo Off

wahh.. kenapa saya tergila-gila dengan namanya cmd ya.. beberapa hari ini saya gag bisa tidur gara-gara si dia (cyee emangnya pacar yaa)
Kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu lagi kepada kalian tentang yang namanya cls dengan echo off. Maklumlah saya orang baru di dunia maya, gak seberapa pinterlah. Yang penting kita sama-sama belajar. gak ada salahnya toh kita belajar meskipun sedikit, nanti ya lama-lama bisa sendiri.
okelah, kali ini saya nih akan menjelaskan apa perbedaan anatara "cls" dengan "@echo off" dalam penggunaan command di cmd



* CLS
Cls adalah perintah untuk menghilangkan tulisan dalam windows cmd pertama kali dibuka. Cls kepanjangan dari clear sreen (setau gue gitu). Jadi jika kamu menggunakan command cls dalam cmd maka tulisan dibawah ini akan hilang

Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation. All rights reserved.

C:\Users\Toshiba>

Nah biasanya command ini dibutuhkan bagi kalian yang ingin membuat aplikasi dengan cmd tersebut tidak keluar tulisan seperti yang di atas. Pastinya tambah jelekkan kalau ada tulisan kayak gitu dalam aplikasi yang kamu buat.
Tapi kelemahan dalam command tersebut yaitu masih ada tulisan C:\User\Toshiba nah kan gak bagus dalam tampilan. Nah gimana cara menghilangkannya? baca dulu lanjutannya dibawah ini ya.

* @echo off
@echo off adalah perintah menghilangkan tulisan versi microsoft windows beserta menghilangkan letak direktori atau lokasi dimana cmd tersebut. singkatnya perintah tersebut untuk menghilangkan/mengosongkan tulisan pas awal jendela cmd dibuka.

Nah sudah terjawabkan pertanyaan di atas. untuk lebih jelasnya silahkan kalian praktikan sendiri dirumah. Selamat mencintai cmd..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar