BLOGNYA ORANG GAPTEK

Jumat, 05 Agustus 2011

Membuat Animasi Teks di Cmd

Sudah bosan ya postingan tentang command prompt sebelumnya gitu-gitu aja. Sekarang saya ajak pembaca untuk sedikit berkreasi dengan yang namanya echo. Apa itu echo? echo adalah perintah untuk membuat tulisan. kayak apa jelasnya kalian langsung deh coba contoh dibawah ini.
pertama kamu buka notepad lalu ketikan script di bawah ini:

@echo off
cls
echo aku ganteng


Lalu simpan dengan dengan extensi bat
Contoh: tes_pertama.bat
Untuk tulisan "aku ganteng" bisa diganti jika pembaca tidak berkenan (hahahah...)

Nih ada contoh lagi script biar teksnya bisa ngetik sendiri seperti kamu pas ngetik dikomputer. Seperti biasa kamu buka dulu notepad lalu isi dengan script di bawah

@echo off
cls
echo W
ping localhost -n 1 >nul
cls
echo W E
ping localhost -n 1 >nul
cls
echo W E L
ping localhost -n 1 >nul
cls
echo W E L C
ping localhost -n 1 >nul
cls
echo W E L C O
ping localhost -n 1 >nul
cls
echo W E L C O M
ping localhost -n 1 >nul
cls
echo W E L C O M E
pause

Lalu simpan dengan extensi bat seperti contoh di atas. Kita lihat hasilnya, teksnya seakan-akan mengetikan sendiri tulisan tersebut
Ket:
1. Fungsi dari ping localhost tersebut adalah memberikan jeda ketika akan memunculkan karakter selanjutnya. kamu juga dapat mengganti angka 1 menjadi 2 jika ingin memperlambat penulisannya.
2. Selanjutnya fungsi >nul yaitu untuk menghilangkan tulisan proses pada ping localhost tersebut. misalnya nih ketika terjadi kesalahan pada ping localhost kalau tidak disertakan >nul terdapat tulisan error yang terjadi saat melakukan perintah tersebut. Namun jika ada perintah >nul apabila ada kesalahan, perintah yang salah tersebut langsung loncat keperintah berikutnya.
3. Yang terakhir perintah pause, pastinya kalian tau perintah tersebut ya. perintah tersebut berfungsi untuk menghentikan perintah selanjutnya sebelum sembarang tombol ditekan untuk melakukan perintah selanjutnya.

aduhh.. capek juga nulis panjang lebar, cukup sampai sini dulu ya penjelasannya
Selamat Berkreasi

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantaf

Ardy Stay mengatakan...

mantappppp

blitzkrieg solo mengatakan...

Ga berhasil 😢

Panji Saputra mengatakan...

Gk berhasil gimana gan?

Ulwan Aprilian 1415.10.0023 mengatakan...

ga gerak

rizkiakbar _67 mengatakan...

Gan cara atur speed a gimana

ikhlasul khoiri mengatakan...

keren blognya,ajarin dong

Andri zu18 mengatakan...

background belakangnya keren bang gimana buatnya

Eka Ndruru mengatakan...

mantap Koca

Posting Komentar